Taufik Hidayat Akan Segera Umumkan Gantung Raket


Pebulu tangkis nasional Taufik Hidayat memutuskan gantung raket. Pernyataan tersebut diungkapkan mantan juara dunia ini pada sebuah konferensi pers di kediaman Agum Gumelar di Jakarta.

"Ini wacana saya dan pelatih, saya akan mengundurkan diri sebagai atlet bulu tangkis. Saya tidak mundur diri dari dunia bulu tangkis seluruhnya. Saya akan fokus ke Taufik Hidayat Arena, tapi secara profesional saya mengundurkan diri. Pernyataan ini awal dari pamitan saya," ujar pemain tunggal putra tersebut.
Taufik Hidayat
Pelatih Taufik Hidayat, Mulyo Handoyo, merasa langkah pengunduran diri ini tepat karena anak asuhnya sudah cukup lama bertarung di kancah bulu tangkis internasional. Ini sekaligus menjadi awal regenerasi.

"Semua tahu Taufik sudah terlalu lama bermain. Kita harus ancungkan jempol baginya karena meski tidak sebagai atlet, Taufik akan membantu generasi muda mengembangkan bakatnya. Kita harus apresiasi. Dia sudah memberikan waktu bagi negera dan kini dia akan fokus untuk membina adik-adiknya. Sekarang saatnya pemain muda beraksi," ujar Mulyo di acara yang sama.
Taufik sudah lama menunjukkan niat ingin mundur dari pelatnas bulu tangkis. Namun, ada beberapa alasan bagi Taufik untuk akhirnya menyatakan perpisahannya hari ini. Ia sengaja memilih mengumumkan hari ini karena beberapa waktu lalu ia masih mempersiapkan diri untuk perebutan tempat di Olimpiade.

"Kalau dari kemarin saya enggak ikut kompetisi, ya dari kemarin juga akan senang saya gantung raket. Akan lebih indah bagi saya bila ada yang menggantikan saya secara ranking. Tapi, kan, nyatanya enggak ada. Sejauh ini yang bisa ranking satu nasional kan cuma Simon (Santoso). Yang lainnya masih belum ada," kata Taufik yang kini duduk di ranking 13 dunia.
"Jadi saya harap dengan statement saya ini membuat atlet lain lebih bertanggung jawab dan punya rasa memiliki tim bulu tangkis Indonesia. Semoga banyak atlet yang memiliki prestasi dan kemampuan yang melebihi saya," ujarnya.

Taufik akan terakhir kali bertanding dan mengucapkan perpisahannya pada ajang Indonesia Open pada 24 September tahun depan. Taufik ikut mewakili Indonesia pada ajang Olimpiade London 2012 dan kalah dari pemain China, Lin Dan, pada babak 16 besar. Lin Dan akhirnya meraih medali emas nomor tunggal putra.
http://assets.kompas.com/data/2k10/kompascom2011/images/logo_kompas.png